• Category Archives Artikel
  • Sebaiknya Hindari Mengonsumsi Yogurt Bersama Susu, Ini Alasannya

    Kombinasi dua jenis makanan sekaligus sering kita lakukan untuk efek sehatnya. Sayangnya tak semua makanan cocok dipadukan.

    Untuk manfaat sehat, makanan sering dikombinasikan. Terutama untuk membantu penyerpan nutrisi atau menyehatkan pencernaan. Seperti halnya mengonsumsi yogurt dan susu bersamaan dam racikan smoothie.

    Menurut Ayurveda, ada kombinasi makanan tertentu yang menggangu sistem pencernaan. Membuat perut kembung dan tidak nyaman. Seperti dikutip dari buku ‘The Complete Book of Ayuverdic Home Remedies’, Dr. Vasat Lat menyebutkan bahwa yogurt sebaiknya tak dipadukan dengan susu. Demikian juga memadukan yogurt dengan buah yang asam, melon, ikan, mangga, keju, dan pisang.

    Namun, makanan yang paling sering dikombinasikan adalah susu dan yogurt. Terutama saar sarapan, untuk dibuat smoothie atau lassi. Karena dianggap paling bernutris

    Sementara itu superti dikutip dari food.ndtv.com (18/9), Dr. Ashutosh Gautam, seorang ahli ayurveda menjelaskan. ‘Yogur itu asam, kental dan merangsang sekresi kelenjar dalam tubuh. Karakter yogurt ini berlawanan dengan sifat khas susu.’

    Mengapa keduanya tidak boleh dikombinasikan? ‘Produk fermentasi tidak boleh dikonsumsi dengan susu karena akan menghambat penyerapan pada tubuh dan bisa sebabkan infeksi dan masalah kesehatan,’ ungkapnya

    Jika Anda sudah beberapa kali mengonsumsi smoothie buah atau minuman lain dengan kombinasi susu dan yogurt amati apa yang And aalami. Apakah sering kembung, kram perut atau masalah sakit perut lainnya. Jika ada gangguan perut setelah mengonsumsi kombinasi keduanya sebaiknya hentikan konsumsinya.


  • Keluhan Saat Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

    Gigi bayi biasanya mulai tumbuh saat umurnya 6 bulan. Wah, senang ya, Bun kalau gigi bayi udah mulai kelihatan. Tapi, kadang tumbuhnya gigi si kecil juga bisa nih dibarengi sama keluhan-keluhan yang pada akhirnya bikin anak rewel. Hiks, sedih deh.

    Seperti kata drg Andria Diarti dari RS Premiere Jatinegara, saat bayi tumbuh gigi keluhan yang bisa muncul di antaranya bayi rewel dan banyak mengeluarkan ludah sampai ngeces. Nggak cuma itu, saat bayi tumbuh gigi, dia juga cenderung mencari sesuatu untuk digigit.

    “Karena saat bayi tumbuh gigi, itu gusinya terasa gatal. Bahkan kadang puting juga digigit ya. Memang gusi kalau ada sesuatu yaitu gigi yang bakal menembus, rasanya gatal,” kata drg Andria dalam temu media di Cerita Kopi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

    Jangankan bayi tumbuh gigi, Bun. Kata drg Andria, kita aja orang dewasa ketika mengalami radang gusi, gusi bisa terasa gatal. Nah, kalau menggigit sesuatu, gusi terasa jadi lebih nyaman. Apalagi saat bayi tumbuh gigi, karena dia belum bisa ngomong dan berkomunikasi lewat tangisan, jadilah dia rewel.

    Baca juga: Pertumbuhan Gigi Anak yang Optimal Ditentukan Sejak di Kandungan

    Nggak cuma itu. Pas bayi tumbuh gigi, dia umumnya akan melakukan gerakan mengatup-ngatupkan gusi kayak orang gemas gitu. Nah, gerakan itu bisa bikin produksi air liur kita terangsang, Bun. Alhasil, produksi air liur lebih banyak saat bayi tumbuh gigi dan jangan heran kalau dia jadi ngeces.

    Terus, apa nih Dok yang bisa kita lakukan supaya saat bayi tumbuh gigi dia merasa lebih nyaman? “Biasanya kita kasih teether, kita kasih sesuatu yang dingin. Pijat gusi juga bisa kita lakukan,” kata drg Andria.

    Cara melakukan pijat gusi yaitu melakukan pijatan lembut di gusi anak pakai kassa yang dibasahi air dingin, Bun. drg Andri bilang ya, bisa sekalian membersihkan gigi anak. Atau, bisa juga nih kita kasih teether yang didinginkan atau finger food misalnya buah atau sayur potong yang sudah ditaruh di freezer sebelumnya.

    Umumnya, lima hari jelang gigi erupsi (menembus gusi), anak udah mulai merasa nggak nyaman, Bun. drg Andria bilang, kurang lebih dalam waktu seminggu gigi bayi udah tumbuh sehingga keluhan saat bayi tumbuh gigi udah mered


  • Selamat Hari Pramuka! Ini 5 Fakta Tersembunyi Seputar Pramuka yang Sering Terlupakan

    Tepat pada hari Senin (14/8/2017), Pramuka Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-56.

    Tau kah kamu, sebenarnya Pramuka sejarahnya gimana?

    Nah, menyambut Hari Pramuka yuk kita pelajari 5 fakta tersembunyinya

    1. Pramuka Digagas Orang Luar Negeri

    Ternyata Pramuka bukan gerakan yang cuma ada di Indonesia.

    Tapi juga ada di luar negeri.

    Penemunya juga bukan orang Indonesia lho guys.

    Namanya Robert Baden-Powell.

    Pada dasarnya, Powell merupakan prajurit militer Inggris yang mendirikan gerakan pemuda yang dikenal sebagai scouts movement pada tahun 1907.

    Inspirasinya dalam mendirikan pramuka adalah organisasi Boys Brigade yang digagas oleh Sir William Alexander Smith.

    Gerakan pemuda tersebut meluas hingga sampai di Indonesia, guys.

    Berkat jasanya, dia terpilih dalam daftar 20 orang berpengaruh di Inggris.

    2. Sebelum Pramuka, Namanya adalah ‘Kepanduan’

    Sebelum bernama Pramuka, gerakan pemuda ini bernama Kepanduan.

    Nama pramuka sebenarnya berasal dari kata ‘poromuko’ yang artinya ‘pasukan terdepan dalam perang’.

    Nama tersebut diberikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dalam rapat di Ciloto pada 1960 guys.

    Dalam rapat tersebut, ada juga Menteri Prijono yang mengusulkan kepanduan dengan nama ‘pionir muda’.

    3. Pramuka Menekankan Kedisiplinan

    Jangan heran kalo kegiatan Pramuka mirip-mirip militer.

    Karena Pramuka menekankan kedisiplinan sejak kecil.

    Kedisiplinannya pun ke arah militer.

    Pakaian dan atribut harus lengkap.

    Selama Perang Dunia II, organisasi pramuka dunia melatih lebih dari 50.000 anggota pramuka untuk melakukan pekerjaan nasional yang terkait dengan perang.

    Misalnya, pekerjaan menjadi kurir bagi polisi, pembawa tandu, dan pemadam kebakaran.

    Para pemuda itu dilatih untuk mengahadapi situasi genting, guys.

    4. Kelapa Punya Banyak Manfaat

    Nah, buat yang nggak tahu kenapa kelapa dipilih sebagai lambang Pramuka, karena kelapa memiliki banyak manfaat guys.

    Dari akar, batang, hingga akar, semua punya khasiat tersendiri.

    Misalnya, batangnya dapat digunakan untuk sebagai material bangunan, sedangkan buahnya untuk dimasak dan dijadikan minyak atau obat.

    So, anak-anak muda diharapkan bisa menjadi generasi penerus yang bermanfaat buat orang lain!

    5. Banyak Diangkat Jadi Film.

    Pramuka juga banyak menginspirasi berbagai budaya populer, guys, terutama film.

    Di Indonesia, ada film 5 Elang yang menceritakan tentang petualangan anggota pramuka.

    Sedangkan di luar negeri, ada film animasi Up yang terinspirasi dari gerakan pramuka.

    Selain itu ada Indiana Jones, tokoh fiktif dalam film petualangan terkenal berjudul juga merupakan seorang anggota pramuka.

    Wow! FYI nih guys, gerakan pramuka juga menjadi inspirasi komikus ternama Georges Remi atau Hergé dalam menciptakan tokoh Tintin yang legendaris.

    Tintin ini telah diangkat menjadi film dan serial TV.

    Berita ini sudah dimuat di Tribuntravel.com dengan judul Selamat Hari Pramuka! Ini Dia 5 Fakta Tersembunyinya yang Sering Terlupakan


  • Subahanallah…Perjuangan Puasa di Greenland, 21 Jam!

     Apabila puasa di Jakarta berdurasi selama 13 jam, maka lain halnya di Greenland, Denmark. Di sana, puasanya sampai 21 jam!

    Puasa memang menjadi salah satu hal yang wajib dijalankan umat Muslim saat bulan Ramadan, di manapun mereka berada. Hanya saja, waktu puasa di setiap negara itu berbeda satu sama lain.

    Di Greenland yang merupakan wilayah otonomi Denmark misalnya, waktu puasa di sana disebut-sebut sebagai yang paling lama di dunia. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (30/5/2017) media Al Jazeera memberitakan lama puasa di Greenland yang mencapai 21 jam. Masya Allah!

    Diketahui, waktu puasa di Greenland dimulai dari pukul 02.16 pagi hingga malam hari pukul 23.14 waktu setempat. Bukan tanpa alasan, negara yang terletak di dekat Antartika memang mengalami kondisi alam di mana matahari terbit lebih lama dari biasanya pada saat musim panas.

    Di sejumlah negara Skandinavia seperti Finlandia dan Greenland, matahari memang hadir selama hampir 24 jam pada musim panas. Bisa dibayangkan dong bagaimana perjuangan saudara Muslim yang berpuasa di negara-negara Skandinavia?

    Nyatanya, ada saja orang Muslim yang tinggal di Greenland. Di situs tanya jawab online Quora, sempat ada pertanyaan tentang bagaimana umat Muslim melakukan puasa di Greenland. Mereka boleh mengambil keringanan dengan mengikuti jadwal puasa di Makkah, tapi ada saja yang kuat berpuasa selama itu.

    Diketahui, ada seorang Muslim keturunan Lebanon bernama Wassam Azaqeer yang tinggal dan melakukan puasa di Greenland. Diberitakan oleh Arab TV, Wassam Azaqeer juga disebut sebagai ‘Columbus Arab’ karena telah tinggal dan berhasil membuka sebuah rumah makan di Nuuk yang merupakan ibukota Greenland.

    Sehari-harinya, Wassam bisa melayani 200 tamu restoran. Di bulan Ramadan, Wassam pun tetap berpuasa selama 21 hari sambil melayani para tamunya. Setelah itu, Wassam punya waktu dua jam untuk untuk buka dan sahur sebelum mulai puasa lagi.

    Walau tak mudah, Wassam pun mengaku bangga karena dapat berpuasa dan beribadah kepada Allah selama sebulan penuh di Greenland. Kisah Wassam pun menjadi salah satu inspirasi, lama waktu puasa bukan menjadi penghalang untuk tidak berpuasa.


  • Sepeda Motor Jarang Dipakai, Bensin Bisa Basi

    Liputan6.com, Tangerang – Sepeda motor yang tidak pernah digunakan secara harian memang disarankan untuk memanaskannya dalam hitungan menit. Hal tersebut dilakukan agar kondisi mesin tetap terjaga, dan oli tetap melumasi jeroan mesin dan tidak menggumpal.

    Namun selain masalah oli, ternyata jika kendaraan jarang dipakai atau dipanaskan hal itu bisa membuat bensin menjadi basi.

    Menurut Technical Trainning Instructor PT Wahana Makmur Sejati, Mukti Abdul Rahman, bensin basi biasanya karena sepeda motor tidak digunakan selama lebih dari sebulan.

    “Kalau bensin sudah basi, itu bisa terhisap (fuel pump), tapi tidak akan bisa terbakar, jadi hal itu akan membuat motor jadi bermasalah,” ungkap Mukti saat ditemui Product Knowledge for Journalist Honda All New Scoopy di Wahana Training Center Jatake, Tangerang, Kamis (18/5/2017).

    Menurut Mukti, bensin menjadi basi lantaran saat berada di dalam tangki, senyawa kimia pada bahan bakar berubah dan terkontaminasi dengan logam yang ada di dalamnya.

    Selain lama disimpan, Mukti menyarankan agar saat memarkirkan sepeda motor tidak dilakukan di luar ruangan yang secara langsung terpapar sinar matahari.

    Jika itu terjadi, maka tidak menutup kemungkinan bensin akan menguap di dalam tangki. Sedangkan uap bensin itu sendiri akan berubah menjadi air. Saat menjadi air, maka kadar air lebih berat dari bensin.

    Gelaja awal yang akan terjadi biasanya sepeda motor terasa endut-endutan, dan lama kelamaan motor mogok

     


  • Wadah Garam dilengkapi Bluetooth

    Selama ini wadah garam hanya jadi hiasan di meja makan. Kini orang bisa memutar musik favorit dari wadah tersebut.

    Wadah garam dan merica biasanya ditaruh sebagai pasangan pelengkap di meja restoran atau meja makan rumah. Beragam bentuk dan bahan dikreasikan untuk membuat tampilannya menarik. Minimal bisa jadi hiasan meja makan yang menarik.

    Wah! Wadah Garam Ini Dilengkapi dengan BluetoothFoto: Getty Images

    Sebuah terobosan baru dilakukan oleh Herb & Body sebuah perusahaan gaya hidup yang berbasis di California Amerika. Perusahaan ini bertujuan menciptakan peralatan yang membuat hidup makin nyaman.

    Smart Salt Shaker atau wadah garam pintar ini diberi nama ‘Smalt’. Dalam situs mysmalt.com, disebutkan mereka membuat inovasi dari peralatan makan biasa yang sudah berabad-abad dikenal orang menjadi sebuah alat yang bisa memberikan pengalaman menyenangkan.

    Wah! Wadah Garam Ini Dilengkapi dengan BluetoothFoto: Smalt

    Bentuknya ramping stylish dengan warna putih dan hitam. Wadah garam ini dilengkapi dengan bluetooth. Pemakai tinggal menghubungkan dengan bluetooth pada ponsel.

    Lagu-lagu favorit apapun bisa diputar, lampu di bagian atas shaker akan menyala dan berubah-ubah. Tentu saja suasana meja makan menjadi lebih menyenangkan. Apalagi Smalt juga berfungsi sebagai speaker.

    Wah! Wadah Garam Ini Dilengkapi dengan BluetoothFoto: Smalt

    Wadah ini gampang dipindah dan dibawa. Bisa ditaruh di tengah meja sebagai pusat perhatian saat ngumpull. ‘Semua lebih enak rasanya dengan sedikit garam. Beri kejutan tamu Anda dengan citarasa enak dan menyenangkan. Cara interaktif untuk menambahkan garam,’demikian klaim yang tertulis pada situs mysmalt.com.

    Produksi peralatan ini didanai oleh IndieGoGo. Kampanye penggalangan dana belum dimulai. Tetapi orang yang ingin membeli bisa mendaftarkan diri di situs mereka. Potongan harga 50% akan diberikan jika produk ini dipasarkan


  • Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

    Jerawat adalah masalah kulit yang seringkali membuat kita jengkel. Ditambah lagi bekas yang ditimbulkan jerawat sangat sulit untuk dihilangkan.

    Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan bekas jerawat, beberapa diantaranya adalah dengan terapi laser atau menggunakan produk – produk kecantikan yang direkomendasikan dokter maupun yang dapat anda peroleh di pasaran.

    Jika anda ingin menghilangkan bekas jerawat tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal, anda dapat mencoba menggunakan bahan – bahan alami yang dapat dengan mudah anda temui di dapur.

    Perawatan secara rutin dengan bahan alami mampu mengatasi masalah pada wajah dan tentunya tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami :

    1. Lemon

    cara menghilangkan bekas jerawat

    Lemon dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit dan merangsang terbentuknya sel kulit baru. Lemon juga sangat efektif mencerahkan kulit wajah dan menghilangkan noda yang ditimbulkan jerawat.

    1. Siapkan satu buah lemon
    2. Tekan sedikit lemon agar cairannya nanti mudah keluar ketika diperas
    3. Potong lemon menjadi dua bagian, lalu peras seperti gambar diatas
    4. Oleskan cairan lemon pada area yang terdapat bekas jerawatnya
    5. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk
    6. Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari
    7. Gunakan pelembab setelah menggunakan lemon sebagai masker, karena lemon dapat berpengaruh kulit dan membuatnya kering

    2. Kulit Jeruk

    Kadar vitamin C dan asam alpha hidroksi yang cukup tinggi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran. Selain itu, senyawa ini juga dapat mengangkat sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, kulit jeruk dapat membantu menghilangkan bekas jerawat.

    1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering
    2. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk
    3. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
    4. Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit
    5. Bilas dengan air hangat

    3. Madu

    menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan madu

    Gambar dari accentmedia.ro

    Madu adalah salah satu bahan alami terbaik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Efek antiseptik madu dapat mengurangi peradangan pada wajah dan melembabkan kulit. Madu sangat cocok digunakan pada semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

    1. Siapkan beberapa tetes madu
    2. Oleskan madu langsung pada noda bekas jerawat
    3. Diamkan selama 15 menit
    4. Setelah madu mengering dan lengket, bilas dengan air dingin dan keringkan
    5. Anda dapat melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu

    4. Es batu

    Es batu adalah bahan yang paling mudah didapat dan cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Es batu memiliki efek menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

    1. Pastikan air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut steril
    2. Bungkus es batu secukupnya dengan kain bersih
    3. Oleskan atau diamkan pada noda bekas jerawat selama beberapa detik
    4. Ulangi proses tersebut hingga beberapa kali pada area yang lain
    5. Lakukan perawatan ini sampai 3 kali sehari

    Selain itu, anda dapat mengganti air putih dengan air rendaman teh hijau untuk membuat es batu dan mengoleskannya pada kulit. Teh hijau mampu mengurangi peradangan pada kulit lebih baik dibandingkan air biasa.

    5. Cuka sari apel

    Cuka sari apel mampu mengatur tingkat keasaman atau pH kulit dan mengurangi kulit kemerahan akibat jerawat.

    1. Campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air
    2. Oleskan pada bekas jerawat menggunakan kapas
    3. Biarkan selama 10-20 menit kemudian bilas dengan air hangat
    4. Untuk hasil yang lebih efektif, lakukan sebelum tidur dan biarkan selama semalaman

    6. Lidah buaya

    Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya

    Lidah buaya mampu menyembuhkan berbagai macam luka termasuk bekas jerawat. Lidah buaya mengandung aloesin, suatu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

    Tidak hanya itu, senyawa dalam lidah buaya mampu merangsang terbentuknya sel kulit baru dan memudarkan bekas jerawat.

    1. Potong lidah buaya menjadi dua bagian
    2. Iris bagian yang berduri
    3. Kupas bagian atas kulit lidah buaya agar mempermudah kita mengambil gelnya
    4. Ambil gelnya dan letakkan pada wadah
    5. Haluskan gel menggunakan garpu atau bisa juga diblender
    6. Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah atau pada noda bekas jerawat
    7. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
    8. Bilas dengan air hangat dan keringkan
    9. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua kali sehari selama sebulan

    7. Bawang Putih

    Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta senyawa allicin yang bersifat antiseptik yang sangat ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat. Kandungan senyawa dalam bawang putih juga mampu membersihkan kulit dari bekas jerawat.

    1. Haluskan bawang putih, lalu oleskan pada bekas jerawat
    2. Diamkan selama beberapa menit
    3. Bilas dengan air hangat
    4. Untuk hasil yang lebih optimal, bawang putih yang telah dihaluskan dapat dicampur dengan cuka sari apel sebelum dioleskan ke wajah.

    8. Pepaya

    cara menghilangkan bekas jerawat dengan pepaya

    Gambar dari versveldiseno.intechcenter.us

    Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi mengikis sel kulit mati. Pepaya juga mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat sekaligus dapat memudarkan bekas jerawat.

    1. Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
    2. Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pada wajah
    3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
    4. Bilas dengan air hangat
    5. Papaya memiliki efek yang cukup kuat pada kulit. Setelah 15 menit, jika tidak segera dibersihkan masker pepaya dapat menimbulkan kemerahan pada kulit

    9. Scrub Gula

    Gula murni adalah salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengikis sel kulit mati, terutama pada noda bekas jerawat.

    1. Buatlah pasta gula dengan mencampurkan 1 sendok makan gula dengan 1 sendok teh minyak zaitun
    2. Oleskan pada wajah dan pijat selama 3 – 5 menit
    3. Bilas dengan air hangat dan bersihkan

    10. Masker Alpukat dan Madu

    cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker alpukat

    Nutrisi yang terkandung dalam alpukat mampu melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang dapat memperparah noda bekas jerawat. Sementara madu adalah bahan alami yang dapat meningkatkan proses regenerasi kulit dan mengurangi peradangan.

    Masker alpukat dan madu adalah salah satu kombinasi yang tepat untuk memudarkan bekas jerawat.

    1. Pertama-tama ambil daging alpukat dan masukkan ke wadah
    2. Haluskan daging buah alpukat secukupnya dan campur dengan madu (ditambah perasan lemon lebih bagus)
    3. Oleskan merata pada wajah dan diamkan selama 15 menit
    4. Bilas dengan air hangat dan keringkan
    5. Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

    11. Baking Soda

    Baking soda adalah salah satu agen eksfolian kulit yang dapat mengikis sel kulit mati dan menghilangkan bekas jerawat. Baking soda juga mampu meningkatkan pH kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri p. Acne pada wajah.

    1. Buat pasta dengan mencampur satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air.
    2. Oleskan pada wajah dan pijat selama dua menit
    3. Bilas dengan air hangat dan keringkan
    4. Pasta baking soda tersebut juga langsung dapat diaplikasikan pada area bekas jerawat. Cukup oleskan pada noda bekas jerawat dan diamkan selama 10 hingga 15 menit

    12. Ketimun

    cara menghilangkan bekas jerawat dengan ketimun

    Gambar dari www.phaneres.com

    Astringent yang terkandung dalam ketimun mampu mengurangi kemerahan pada kulit dan mencegah timbulnya bekas jerawat. Ketimun juga mengandung vitamin E, antioksidan penangkal efek radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.

    1. Iris ketimun dan letakkan irisan ketimun langsung pada wajah.
    2. Diamkan selama beberapa menit
    3. Bilas dengan air hangat dan keringkan
    4. Anda juga dapat membuat masker pencerah dari ketimun dengan memarut ketimun dan mencampurmya dengan madu
    5. Oleskan campuran tersebut pada noda bekas jerawat dan diamkan selama 15 menit
    6. Bilas dengan air hangat dan keringkan
    7. Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal

    13. Putih Telur

    Putih telur sangat bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Asam amino dan protein yang terkandung dalam putih telur dapat mengencangkan pori – pori kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

    1. Ambil sebutir telur, pisahkan kuning dan putih telur.
    2. Kocok putih telur hingga mengembang
    3. Oleskan pada wajah atau pada bekas jerawat hingga mengering
    4. Bilas dengan air hangat
    5. Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali dalam seminggu

    14. Pasta gigi

    Pasta gigi mengandung fluoride, triclosan, dan hidrogen peroksida yang dapat mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan maupun bekas yang ditimbulkan oleh jerawat. Cara menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat juga sangat mudah.

    1. Oleskan pasta gigi langsung pada bekas jerawat dan hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh area kulit wajah.
    2. Biarkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman.
    3. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan

    Jika anda memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari menggunakan pasta gigi pada kulit. Jika memungkinkan, pilihlah pasta gigi dengan kandungan fluoride yang lebih rendah atau pasta gigi organik.

    15. Minyak Pohon Teh

    cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak pohon teh

    Gambar dari thanhnien.vn

    Zat terpenoid dalam minyak pohon teh dapat mengusir bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan yang ditimbulkannya. Perawatan menggunakan minyak pohon teh diyakini memiliki efek yang sama dengan perawatan menggunakan benzoyl peroxide.

    1. Campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air
    2. Oleskan pada area kulit yang berjerawat dengan kapas.
    3. Lakukan 2 – 3 kali sehari

    Perhatian :

    Minyak pohon teh dapat menimbulkan alergi pada kulit. Sebelum mengaplikasikannya pada kulit, ada baiknya menguji reaksinya terlebih dahulu.

    Oleskan sedikit minyak pada pergelangan tangan dan lihatlah reaksinya setelah beberapa jam. Apabila tidak timbul reaksi seperti kemerahan atau gatal, maka minyak pohon teh aman jika diaplikasikan pada wajah yang berjerawat.

    Agar hasil yang diperoleh maksimal maka lakukan juga tips – tips berikut ini :

    Jangan terlalu sering terpapar sinar matahari

    Paparan sinar matahari langsung dapat membahayakan kulit. Sinar ultraviolet dapat memicu terbentuknya melanin yang merupakan penyebab timbulnya noda kehitaman pada bekas jerawat.

    Tidak hanya itu, sinar UV juga berbahaya dan dapat menimbulkan masalah kulit yang serius seperti kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya atau sunblock ketika beraktifitas di luar ruangan

    Hindari menggunakan air panas saat memcuci wajah

    Menggunakan air yang terlalu panas saat membersihkan wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hindari pula menggunakan handuk atau kain yang kasar pada wajah. Pilih jenis kain atau handuk yang lembut untuk mengeringkan wajah agar tidak merusak kulit.

    Rutin membersihkan sel kulit mati

    Melakukan pengikisan sel kulit mati secara rutin dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

    Anda dapat melakukan pengelupasan sel kulit mati dengan menggunakan bahan – bahan alami yang telah dijelaskan sebelumnya. Lakukan pengikisan sel kulit mati minimal sekali dalam seminggu.

    Hindari memencet jerawat

    Seringkali kita tergoda untuk memencet jerawat. Memang, memencet jerawat dan mengeluarkan isinya dapat mengempiskan jerawat akan tetapi hal tersebut akan memperparah kondisi kulit.

    Memencet jerawat juga dapat memperluas penyebaran bakteri dan menimbulkan infeksi pada area kulit wajah yang lain. Luka yang disebabkan oleh memencet jerawat akan lebih sulit dan lama untuk dihilangkan.

    Konsumsi air putih yang cukup

    Mungkin anda berfikir bahwa mengkonsumsi air putih tidak ada hubungannya dengan bekas jerawat. Faktanya, air putih adalah salah satu faktor yang dapat merawat kebersihan kulit.

    Rajin meminum air putih 8 gelas sehari dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membuat kulit terlihat lebih segar dan sehat.

    Istirahat cukup dan kurangi begadang

    Tubuh memerlukan sedikitnya 7 – 8 jam sehari untuk beristirahat dan mengembalikan fungsinya secara maksimal. Hindari tidur terlalu malam atau begadang, karena dapat mengacaukan sistem dalam tubuh yang berakibat pada semakin lamanya proses regenerasi kulit.

    Rajin berolahraga secara teratur

    Rutin melakukan aktifitas fisik terutama olahraga dapat membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh terutama pada kulit. Lakukan olahraga ringan seperti joging atau bejalan kaki dipagi hari selama 15 menit sehari atau minimal 3 kali dalam seminggu.

    Demikian beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dan tips yang dapat anda lakukan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah anda. Apakah anda memiliki bahan favorit lain selain yang telah saya sebutkan diatas? 🙂

     


  • Cara efektif agar tidak terkena dampak negatif internet

    Keberadaan internet memang bisa memberikan manfaat baik bagi anak. Sebab, ia dapat mengeksplorasi beragam informasi dan pengetahuan di internet.

    Perlu digarisbawahi, orangtua harus tetap mendampingi dan memberikan bimbingan kepada anak saat mereka sedang menjelajahi dunia maya. Karena itu sudah kewajiban bagi orangtua untuk menanamkan sejak dini mengenai kebutuhan mereka mengakses internet. Komunikasi dua arah sangat dibutuhkan di sini.

    Penggunaan internet bisa diibaratkan sebuah pisau. Tergantung tujuannya. Pisau bisa dipakai untuk kepentingan yang baik dan bermanfaat, atau untuk tujuan jahat seperti menyakiti atau membunuh. Jika anak tidak memilah-milah kontan yang ada di internet secara bijak, ia bisa terpengaruh oleh berbagai konten negatif di internet seperti pornografi, melakukan pelanggaran privasi, judi online dan cyber crime lainnya. Inilah pentingnya diskusi antara orangtua dan anak tentang penggunaan Internet Sehat.

    Dalam setiap advokasi Internet Sehat yang dilakukan ICT Watch, kami selalu menekankan bahwa salah satu cara untuk mengatasi dampak negatif dari internet adalah dengan menjalankan prinsip dasar Internet Sehat, antara lain self-filtering, memperbanyak konten positif, dan dialog.

    Self-filtering
    Salah satu ketakutan terbesar orangtua saat anaknya mengakses internet adalah terpapar konten yang tidak pantas atau di-bully atau menjadi korban sebuah kejahatan cyber. Wajar memang jika orangtua menggunakan software filtering atau parental control untuk mengawasi kegiatan berinternet anaknya.

    Namun software filtering atau parental control hanyalah alat bantu, tidak bisa menggantikan peran orangtua dalam membimbing dan mengarahkan anak. Orangtua sendirilah yang harus terjun langsung mengedukasi anak.

    Inilah perlunya ada self-filtering. Ajari anak untuk bertanggung jawab saat ia menggunakan gadget dan internet. Beritahu risiko atau dampak negatif yang dapat muncul dari penggunaan internet dan gadget, serta bagaimana cara mengatasinya. Ingatkan anak untuk melaporkan jika ada hal-hal yang membuatnya tidak nyaman saat menggunakan internet dan gadget.

    Self-filtering ini hanya akan efektif dilakukan di lingkungan keluarga melalui orangtua dan guru-guru di sekolah.

    Perbanyak konten positif
    Internet adalah gudangnya informasi. Dengan bantuan search engine, semua bisa didapat. Untuk mengurangi munculnya konten-konten negatif, satu-satunya cara adalah dengan memperbanyak konten positif yang bermanfaat. Jika konten positif semakin banyak, maka pada saat kita mencari sesuatu di internet, yang muncul adalah konten-konten yang bermanfaat.

    Dialog
    Menjaga keamanan anak di dunia maya tidak bisa hanya dilakukan oleh orangtua seorang diri. Meski orangtua telah memberikan edukasi dan arahan, perlu ada sinergi dan kerjasama intensif dengan para pemangku kepentingan yaitu pemerintah, swasta, sekolah dan masyarakat untuk memberikan literasi internet kepada anak agar mereka dapat membentengi diri dan bisa menjelajahi internet dengan aman.


  • Cara Memutihkan Wajah

    Memutihkan wajah adalah impian banyak orang terutama kaum wanita. Memang memiliki wajah yang putih membuat seseorang lebih percaya diri. Memutihkan wajah juga termasuk sebagai salah satu wujud syukur kita kepada Allah yang telah memberi kita nikmatnya memiliki wajah. Namun tentunya kita juga harus pandai menjaga diri, jangan sampai tubuh dan wajah kita menjadi sumber munculnya kejahatan. Jangan gunakan kecantikan anda sebagai hal-hal yang dilarang norma agama. Sembunyikan kecantikan anda dari orang-orang yang tidak halal bagi anda. Menjaga wajah sudah merupakan kewajiban kita semua baik pria maupun wanita.

    cara memutihkan wajah secara alami

    Banyak dari kita yang lebih memilih cara memutihkan wajah dengan cepat bisa melalui suntik putih atau obat-obatan yang lainnya. Namun, selain harganya yang cukup mahal hasilnya pun kadang tidak memuaskan. Bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Saat ini, banyak wanita beralih ke produk berbahan alami dan herbal untuk memutihkan wajah. Selain harganya terjangkau dan mudah didapatkan, bahan alami tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

    Bagi anda yang hendak memutihkan wajah memang banyak sekali caranya. Ada yang menggunakan produk kosmetik berbahan kimia yang banyak dijual atau pun dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan yang banyak ada di sekitar kita. Namun bagi anda yang memilih cara alami memutihkan wajah dengan biaya yang murah dan aman untuk digunakan, maka berikut delapan cara memutihkan wajah secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Yaitu antara lain :

    1. Memutihkan wajah dengan JERUK NIPIS. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk wajah. Jeruk nipis juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Cara memakainya adalah dengan menyiapkan satu buah jeruk nipis dan juga satu butir telur ayam. Jeruk nipis diperas kemudian air perasannya dicampurkan dengan putih telur. Lulurkan campuran tersebut ke wajah anda secara merata. Diamkan kira-kira selama kurang lebih 20 menitan kemudian cuci wajah anda hingga bersih dengan menggunakan air hangat.
    2. Menggunakan TOMAT Sebagai Masker. Anda bisa mencoba memutihkan wajah anda dengan tomat. Bagaimana caranya? caranya cukup mudah haluskan buah tomat dengan blender dengan sedikit campuran jeruk nipis. Gunakan cara ini pada malam hari menjelang anda tidur. Bersihkan terlebih dahulu wajah anda lalu keringkan dengan handuk. Berikutnya oleskan hasil blender tomat tersebut secara merata ke wajah dan sekitar leher, diamkan selam kurang lebih 10 menit, lali bersihkan dengan air bersih, cukup air dingin tidak perlu air hangat. Lakukan cara ini secara teratur setiap malamnya.
    3. Menggunakan LIDAH BUAYA. Lidah buaya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan rambut, tetapi juga berguna untuk kelembaban dan kebersihan wajah. Caranya cukup mudah, potong batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya secara merata di wajah anda. Diamkan selama 5 s/d 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini pada pagi dan sore hari secara rutin.
    4. Menggunakan MINYAK ZAITUN. Anda juga bisa mencoba khasiat dari minyak zaitun. Minyak zaitun sangat berguna untuk menghilangkan flek hitam dan membersihkan sel-sel mati pada wajah anda, serta melembabkannya. Caranya sederhana, campurkan minyak zaitun dengan sedikit gula pasir. Lalu oleskan secara merat di wajah dengan gerakan memutar seperti halnya anda menggunakan sabun muka. Lakukan selama kurang lebih 5 menit, hati-hati jangan sampai terkena mata anda karena akan terasa perih. Anda bisa menjalankan cara ini tiga kali dalam sehari.
    5. Memutihkan dengan menggunakan BENGKOANG. Bengkoang merupakan cara memutihkan wajah secara alami yang paling banyak dilakukan para wanita. Vitamin B dan C yang terkandung dalam bengkoang dapat digunakan untuk memutihkan wajah serta menghilangkan noda hitam pada wajah secara cepat. Caranya adalah siapkan bengkoang secukupnya kemudian kupaslah lalu cuci hingga bersih. Parutlah bengkoang tersebut kemudian peraslah dan ambillah sarinya. Taruhlah air perasan bengkoang tadi ke dalam wadah yang bening dan diamkan kurang lebih selama 20-30 menit. Tunggu sampai terlihat endapan putih, lalu gunakanlah endapan tersebut untuk masker di wajah anda sampai mongering. Lalu terakhir cuci wajah anda hingga bersih.
    6. Menggunakan MADU. Madu berkhasiat untuk memutihkan kulit dan sebagai pelembab alami. Madu memiliki sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu memperlambat penuaan dan menghilangkan bintik hitam di wajah. Caranya: Anda bisa menerapkan madu murni langsung ke wajah, biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Lakukan sekali dalam sehari. Anda juga bisa membuat masker; caranya, campurkan 1 sendok teh madu, jeruk nipis, 1 sendok teh susu bubuk dan 1½ sendok teh minyak almond. Aduk dan terapkan di wajah dengan pijatan lembut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.
    7. Menggunakan SUSU. Susu adalah sumber yang kaya kalsium. Selain kalsium, susu memiliki fungsi penting dalam mengatur warna kulit kita. Susu bekerja merangsang melanosit, sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Mengkonsumsi susu membantu mempertahankan hilangnya kelembaban pada kulit. Ini mencegah kulit kering yang dapat mempengaruhi warna kulit menjadi gelap. Susu juga mengandung asam laktat yang mengurangi pigmentasi kulit yang membuat kulit lebih ringan. Caranya: Siapkan susu sapi atau kambing (hangat, tidak perlu panas) – 1 mangkuk dan kain lap bersih. Rendam kain lap ke dalam susu. Ambil kain lap dan peras, gosokkan kain secara lembut pada kulit. Celupkan lagi dan gosok lembut, ulangi proses ini 4 – 5 kali. Jika anda konsisten, anda akan melihat hasilnya setelah beberapa minggu.
    8. Menggunakan YOGURT. Anda tahu yogurt? Yoghurt kaya akan asam laktat dan memiliki sifat pemutih yang memperlakukan hiper-pigmentasi kulit dengan menekan produksi melanin. Asam laktat mengandung alpha hydroxy acids (AHA). AHA berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan wajah. Anda bisa membeli yogurt di supermarket. Caranya: Tuangkan yoghurt (polos ya, beli yang tanpa rasa) ke wadah. Oleskan merata diwajah anda disertai pijatan lembut. Biarkan selama 3-5 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

    TIPS MEMUTIHKAN WAJAH MENGGUNAKAN CREAM

    Selain cara alami memutihkan wajah yang telah disebutkan diatas, banyak dari kita menggunakan produk cream pemutih dengan tujuan mendapatkan hasil yang efektif dan cepat. Boleh saja memakai krim pemutih wajah asalkan berkualitas, aman dan memang benar efektif hasilnya. Anda bisa melihat teman atau saudara yang sebelumnya telah memakai krim tersebut untuk melihat fakta dan hasilnya. Jangan pernah memaksakan membeli krim pemutih wajah yang belum anda kenal. Baca label, komposisi dan aturan pakainya dengan seksama serta hindari krim yang mengandung merkuri. Penelitian menyebutkan bahwa 1 dari 4 produk pemutih wajah yang dijual di Asia mengandung merkuri, oleh karena itu anda harus hati-hati.

     Ada 3 cream pemutih wajah yang bisa kita rekomendasikan aman digunakan dan efektif hasilnya. Yaitu antara lain:

    1. CREAM BEEN PINK
    Cream perawatan wajah yang saat ini sedang naik daun yakni Cream Been Pink. Terdiri dari bahan-bahan alami seperti Aloe vera, Arbutin, Jamur Ganoderma, Grape Fruit extract, vitamin c, Albatin, AHA + Collagen, dll. Menjadikan cream ini aman digunakan untuk wajah karena mempunyai komposisi yang alami tanpa mengandung mercury. Terlebih lagi sudah dinyatakan aman oleh BPOM. Cream Been Pink tidak hanya diperuntukkan untuk kulit normal, melainkan untuk kulit berjerawat dan flek. Untuk anda yang tertarik dengan Cream Been Pink Beauty Series

    2. CREAM QWEENA
    Salah satu cream pemutih wajah herbal alami yang cukup terkenal. Dengan komposisi antara lain Collagen, Japanese Papaya, Vitamin E & C, Serbuk Mutiara, Arbutin, AHA dan Kojic Acid. Qweena Skin Care cukup aman karena tidak mengandung Merkuri dan Hydroquinon. Tersedia dalam paket normal dan paket jerawat. Untuk anda yang tertarik dengan Cream Qweena,

    3. CREAM WALET GOLD
    Cream Walet Gold mengandung ekstrak air liur dari burung walet; yang bermanfaat untuk regenerasi kulit dan memiliki kandungan emas didalamnya. Di Cina/Tiongkok, air liur walet ini telah digunakan sejak dahulu kala untuk merawat kecantikan putri-putri raja. Cream ini juga cukup aman karena berbahan alami dan terhindar dari kandungan Merkuri dan Hydroquinon. Untuk anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Cream Walet Gold

    4. CREAM SARI
    Cream Sari adalah krim yang saat ini banyak dipakai dan sangat populer. Selain sudah terdaftar di BPOM, Cream Sari terbukti efektif memutihkan kulit wajah jika dilihat dari sekian banyak testimoni positif. Hampir setiap perempuan modern pernah mencoba krim buatan PT Star Abadi Ratu Indonesia ini. Namun yang harus anda perhatikan bahwa saat ini sulit membedakan cream sari yang asli dan palsu, kecuali jika anda membelinya langsung ke produsen atau distributor resmi

    Itulah beberapa cara memutihkan wajah secara alami yang bisa anda coba di rumah, serta krim pemutih wajah yang kami rekomedasikan. Pilihlah yang sekiranya cocok untuk kulit wajah anda dan lakukan secara rutin, karena tidak akan ada hasilnya jika anda melakukannya sekali dua kali saja. Segera hentikan jika cara tersebut menimbulkan iritasi atau efek samping yang berlebihan.