Tupoksi

Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Kelurahan Mergosono Kec. Kedungkandang :

  1. Lurah mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
  2. Selain tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Lurah melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota.
  3. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), Kelurahan mempunyai fungsi :
    1. penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Kerja;
    2. pelaksanaan kegiatan pemerintahan;
    3. penyelenggaraan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat;
    4. pengkoordinasian kegiatan pembangunan;
    5. pemberdayaan masyarakat;
    6. pelayanan masyarakat;DSC_0645
    7. penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
    8. pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum;
    9. pembinaan lembaga kemasyarakatan;
    10. pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM);
    11. penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP);
    12. pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
    13. pengelolaan pengaduan masyarakat;
    14. penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site Pemerintah Daerah;
    15. pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan dan kearsipan;
    16. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
    17. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  4. Struktur organisasi Kelurahan, terdiri dari :

1.  Lurah;

2.  Sekretaris Kelurahan;

3.  Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum;

Bertugas memberi pelayanan :

  • Rekomendasi Ijin Kegiatan/Keramaian;
  • Surat Pengantar Pembuatan Pernyataan Ahli Waris;
  • Surat Pengantar Pembuatan Konversi Tanah;
  • Pengesahan Surat Pernyataan Tidak Keberatan tetangga yang dipersyaratkan dalam penerbitan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB);
  • Pengesahan Surat Pernyataan Tidak Keberatan tetangga yang dipersyaratkan dalam penerbitan Ijin Gangguan (HO);
  • Surat Keterangan Domisili Tempat Usaha;
  • Legalisasi Umum

4. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan;

5. Seksi Kesejahteraan Masyarakat;

Bertugas memberi pelayanan:

  • Surat pengantar Nikah, Talak, Cerai, Rujuk (NTCR);
  • Surat Keterangan Kelahiran;
  • Surat Keterangan Kematian;
  • Surat Pengantar Permintaan Sumbangan Sosial;
  • Surat Pengantar Pembuatan Dispensasi Nikah Mendadak;
  • Surat Pengantar Penerbitan Duplikat Surat Nikah;
  • Surat Keterangan Belum Menikah, Duda/Janda;
  • Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Pengajuan Keringanan Biaya Sekolah/Pengajuan Beasiswa;
  • Surat Keterangan Wali Nikah;
  • Legalisasi Umum;

6.  Seksi Pelayanan Umum

Bertugas memberi pelayanan :

  • Surat pengantar pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  • Surat pengantar penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Surat pengantar penerbitan Kartu Keluarga (KK);
  • Surat pengantar Pembuatan Surat Pindah;
  • Surat Keterangan Boro Kerja;
  • Surat Pengantar Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI/TKW);
  • Surat Pengantar Pengambilan Uang di Bank/Lembaga Lain;
  • Legalisasi Umum;