Keluhan Saat Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Gigi bayi biasanya mulai tumbuh saat umurnya 6 bulan. Wah, senang ya, Bun kalau gigi bayi udah mulai kelihatan. Tapi, kadang tumbuhnya gigi si kecil juga bisa nih dibarengi sama keluhan-keluhan yang pada akhirnya bikin anak rewel. Hiks, sedih deh.

Seperti kata drg Andria Diarti dari RS Premiere Jatinegara, saat bayi tumbuh gigi keluhan yang bisa muncul di antaranya bayi rewel dan banyak mengeluarkan ludah sampai ngeces. Nggak cuma itu, saat bayi tumbuh gigi, dia juga cenderung mencari sesuatu untuk digigit.

“Karena saat bayi tumbuh gigi, itu gusinya terasa gatal. Bahkan kadang puting juga digigit ya. Memang gusi kalau ada sesuatu yaitu gigi yang bakal menembus, rasanya gatal,” kata drg Andria dalam temu media di Cerita Kopi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Jangankan bayi tumbuh gigi, Bun. Kata drg Andria, kita aja orang dewasa ketika mengalami radang gusi, gusi bisa terasa gatal. Nah, kalau menggigit sesuatu, gusi terasa jadi lebih nyaman. Apalagi saat bayi tumbuh gigi, karena dia belum bisa ngomong dan berkomunikasi lewat tangisan, jadilah dia rewel.

Baca juga: Pertumbuhan Gigi Anak yang Optimal Ditentukan Sejak di Kandungan

Nggak cuma itu. Pas bayi tumbuh gigi, dia umumnya akan melakukan gerakan mengatup-ngatupkan gusi kayak orang gemas gitu. Nah, gerakan itu bisa bikin produksi air liur kita terangsang, Bun. Alhasil, produksi air liur lebih banyak saat bayi tumbuh gigi dan jangan heran kalau dia jadi ngeces.

Terus, apa nih Dok yang bisa kita lakukan supaya saat bayi tumbuh gigi dia merasa lebih nyaman? “Biasanya kita kasih teether, kita kasih sesuatu yang dingin. Pijat gusi juga bisa kita lakukan,” kata drg Andria.

Cara melakukan pijat gusi yaitu melakukan pijatan lembut di gusi anak pakai kassa yang dibasahi air dingin, Bun. drg Andri bilang ya, bisa sekalian membersihkan gigi anak. Atau, bisa juga nih kita kasih teether yang didinginkan atau finger food misalnya buah atau sayur potong yang sudah ditaruh di freezer sebelumnya.

Umumnya, lima hari jelang gigi erupsi (menembus gusi), anak udah mulai merasa nggak nyaman, Bun. drg Andria bilang, kurang lebih dalam waktu seminggu gigi bayi udah tumbuh sehingga keluhan saat bayi tumbuh gigi udah mered